Otak Bagaikan Bank

Otak kita mirip sekali dengan bank. Setiap hari kita memasukkan deposito pikiran di dalam “bank pikiran” kita. Deposito pikiran ini berkembang dan menjadi ingatan kita. Ketika kita mulai berpikir, atau ketika kita menghadapi masalah, sebenarnya kita mengatakan kepada bank ingatan kita, “Apa yang sudah saya ketahui mengenai hal ini?”

Bank ingatan kita otomatis akan menjawab dan menyuplai kita dengan potongan informasi, yang berkaitan dengan situasi ini, yang Anda depositokan sebelumnya. Jadi, ingatan kita adalah penyuplai dasar dari bahan mentah untuk pikiran kita yang baru.

Kasir di dalam bank ingatan kita sangat dapat diandalkan. Jika kita mendekatinya dan berkata, “Pak Kasir, saya mau mengambil beberapa pikiran yang saya depositokan pada masa lalu yang membuktikan bahwa saya rendah diri di hadapan hampir semua orang lain, “ia akan menjawab, “Tentu, Tuan. Ingat bagaimana kita gagal dua kali pada kesempatan sebelumnya ketika kita mencoba hal ini? Ingat apa yang kepala sekolah katakan mengenai ketidakmampuan kita menyelesaikan sesuatu. Ingat apa yang pernah kebetulan kita, dengar dari beberapa rekan sekerja yang mengatakan… ingat…” Dan terus menerus Kasir tersebut melanjutkan, menggali ke dalam otak kita pikiran demi pikiran yang membuktikan bahwa kita memang tidak memadai. Namun, seAndainya kita mengunjungi kasir ingatan kita dengan permintaan: “Pak Kasir, saya menghadapi keputusan yang sulit. Dapatkah Anda memberi saya pikiran apa pun yang akan menenteramkan saya?”

Kembali Kasir tesebut akan berkata. ” Tentu, Tuan,” Tetapi kali ini ia menyampaikan pikiran-pikiran yang kita depositokan sebelumnya, yang mengatakan Anda dapat berhasil
“dikutip dari buku BERPIKIR DAN BERJIWA BESAR ~~~ David J. Schwartz

 

 

 

Tentang Apep Nasrudin

Seorang Hamba Allah yang mencari keridhaan-Nya.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

